Buka PPDB Online, SMP Negeri 9 Ambon Libatkan Kantor Pos
PPDB Online Libatkan Kantor Pos

By Stendy Samkay 01 Jul 2022, 21:01:08 WIB Sekolah
Buka PPDB Online, SMP Negeri 9 Ambon Libatkan Kantor Pos

Gambar : penyerahan berkas oleh kantor pos


Konsep unik Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMPN 9 Ambon sangatlah unik, dengan membuka khusus jalur online dengan melibatkan PT Pos Ambon.

Kepala Sekolah SMPN 9 Ambon, Lona Parinussa saat dihubungi fokusmaluku.com, Senin (22/06/2020) menyatakan, ditengah pandemic Covid 19 di kota Ambon, pemerintah menganjurkan untuk tidak berkerumun dan juga kota Ambon sementara berlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar ( PSBB).Oleh karena itu, untuk menghindari kerumunan siswa datang di sekolah pihaknya menerapkan proses penerimaan siswa baru secara online melalui PT Pos Ambon. pendaftaran akan dibuka hingga tanggal 24-juni 2020 mendatang.

“Karena pendemic Covid 19 dan juga penerapan PSBB di kota Ambon, kita alihkan seluruh proses penerimaan siswa menggunakan sistem online, melalui PT Pos Ambon, agar jangan ada lagi siswa atau orang tua yang datang lagi ke sekolah,” ucapnya.

Dijelaskan, saat ini dalam prosesnya sudah ada sekitar 368 Calon peserta didik baru yang mendaftarkan diri dari total penerimaan siswa pada sekolah dimaksud sebanyak 448 siswa pada 14 rombel.

” Proses pendaftaran dan pemberkasan dilakukan oleh PT Pos,dengan tetap memperhatikan protokol covid maupun setiap anjuran pemerintah, dilakukan full online, data sementara hingga hari ini sudah sekitar 368 calon peserta didik baru dari total yang akan diterima sekitar 448 siswa dengan 14 rombel,” ucap Parinussa

Lebih jauh Parinussa menjelaskan, dalam proses PPDB tahun ini bukan hanya difokuskan pada 50 persen jalur zonasi, tetapi juga memperhatikan prestasi,afirmasi serta mutasi.

“Harus diketahui bahwa dalam PPDB, bukan hanya karena zonasi tetapi juga memperhatikan dan mempertimbangkan prestasi anak, afirmasi maupun mutasi dan sekolah dapat menerima siswa diluar zonasi dengan pertimbangkan beberapa hal tersebut,” singkatnya.

Sementara itu, Asisten manager marketing, PT Pos Ambon, Pieter Tomasoa saat dikonfirmasi media ini menyatakan, pada prinsipnya PT Pos sebagai layanan penjual jasa akan tetap mendukung program pemerintah kota Ambon baik dimasa pandemic Covid 19 seperti saat ini, dengan tetap mengikuti anjuran pemerintah dan menerapkan protokol kesehatan. Hal yang sama juga dilakukan dalam mendukung dan menunjang proses PPDB SMPN 9 Ambon.

Akui Tomasoa, dalam proses yang murni dilakukn secara online, PT pos hanyalah menerima berkas pendaftaran siswa, yang sebelumnya sudah mereka daftarkan secara online selanjutnya PT pos mengantarkan langsung kepada pihak panitia penerimaan dan kepala sekolah.

“Kita memprioritaskan ini, tugas kita hanyalah mengantarkan saja bukti pendaftaran online dan berkas fisik formulir dari sekolah asal, untuk diseleksi secara online,” ungkap Tomasoa.

Lebih jauh Tomasoa menyebutkan, tidak ada pemberlakuan tarif khusus yang ditetapkan, semuanya menggunakan tarif normal yang ditetapkan kantor pos dan setiap berkas yang dimasukan ke sekolah melalui kantor pos setiap harinya akan langsung diantarkan setiap harinya. (FM - Fokus Maluku.com)




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment